Kecerdasan Pada Manusia Ada 9. Kamu Punya Salah Satunya?

advanced divider

Adalah fakta bahwa manusia memiliki keunikan masing-masing. Hal itu bisa dibuktikan dengan ragamnya bentuk wajah, rambut, warna kulit, bentuk tubuh, ideologi, dan pikiran. Kecerdasan menjadi salah satu aspek yang sangat menarik untuk dipelajari dalam manusia.

ILUSTRASI 9 KECERDASAN MANUSIA

Menurut Howard Gardner, seorang profesor psikologi asal Harvard yang menulis buku “Frames of Mind”, ia menjelaskan bahwa IQ atau intelektual seorang manusia tidak bisa dijadikan sebagai gambaran potensi seseorang secara akurat.

Sepaham dengan beliau, memang manusia jelas memiliki jenis kecerdasan yang berbeda. Beberapa yang populer diantaranya adalah,

1. Kecerdasan Visual

Ini adalah kemampuan seseorang dalam memahami dan menginterpretasikan informasi secara visual. Orang yang memiliki kemampuan visual yang baik mampu memproses informasi melalui gambar, warna, dan bentuk. Mereka juga cenderung memiliki imajinasi yang kuat serta mampu mengingat dengan baik apa yang mereka lihat. Ciri-cirinya antara lain adalah senang melihat gambar atau diagram, mudah mengingat wajah, dan memiliki kemampuan seni yang baik.

2. Kecerdasan Linguistik
TRISNA LESMANA SEORANG PAKAR NEURO LINGUISTIK

Kecerdasan linguistik adalah kemampuan dalam menggunakan kata-kata secara efektif, baik dalam berbicara maupun menulis. Orang dengan kemampuan linguistik yang tinggi cenderung pandai dalam menyampaikan ide, bercerita, atau berdebat. 

Salah satu tokoh yang sering membahas ini adalah Trisna Lesamana. Beliau merupakan seorang Author, Public Speaking Trainer, Hypnosis & NLP Learners. Dalam buku Living with Agile yang Ia tulis, menjelaskan bahwa,

Melalui pendekatan Neuro Linguistic Programming bisa membangun sikap Agile, yang menjadikan seseorang bisa cepat dalam memahami, gesit dalam eksekusi. Kedua hal tersebut merupakan kunci untuk menjalani kehidupan yang kian hari, kian tak pasti.

3. Kecerdasan Logis

Ini adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan logika dan pemikiran rasional untuk memecahkan masalah. Orang dengan tingkat logis yang tinggi cenderung pandai dalam matematika, ilmu pengetahuan, dan pemecahan masalah secara umum. Mereka juga terampil dalam mengidentifikasi pola-pola dan membuat prediksi berdasarkan data yang ada. Ciri-cirinya antara lain adalah senang dengan angka dan hitungan, mudah memecahkan masalah matematika, dan memiliki kemampuan analitis yang baik.

4. Kecerdasan Kinestetik

Ini adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan tubuhnya dengan baik dan terampil. Orang dengan kemampuan kinestetik yang tinggi cenderung pandai dalam olahraga, tarian, atau pekerjaan yang membutuhkan keterampilan fisik. Mereka juga memiliki koordinasi yang baik dan sensitivitas terhadap gerakan tubuh. Ciri-cirinya antara lain adalah senang bergerak dan aktif, terampil dalam olahraga atau tari, dan mudah mengingat gerakan tubuh.

5. Kecerdasan Musik

Kecerdasan musik adalah kemampuan seseorang dalam memahami, menghasilkan, dan menghargai musik. Orang dengan kemampuan musik yang tinggi cenderung memiliki pendengaran yang baik, kemampuan bermain alat musik, atau mengekspresikan diri melalui musik. Mereka juga dapat dengan mudah mengingat melodi, ritme, dan nada. Ciri-cirinya antara lain adalah senang mendengarkan musik, pandai bermain alat musik, dan peka terhadap variasi bunyi.

6. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan interpersonal bisa diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam bersosialisasi. Orang dengan kemampuan interpersonal yang tinggi cenderung pandai dalam memahami perasaan orang lain, bekerja dalam tim, dan memecahkan konflik. Mereka juga memiliki empati yang baik dan mampu membaca ekspresi wajah dengan akurat. Ciri-cirinya antara lain adalah senang berinteraksi dengan orang lain, mudah membangun hubungan sosial, dan menjadi pemimpin yang baik.

7. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan seseorang dalam memahami diri sendiri, termasuk perasaan, motivasi, dan kekuatan serta kelemahan. Orang dengan kemampuan intrapersonal yang tinggi cenderung pandai dalam mengatur emosi, merencanakan tujuan hidup, dan memahami nilai-nilai diri. Mereka juga memiliki kesadaran diri yang tinggi dan mampu belajar dari pengalaman pribadi. Ciri-cirinya antara lain adalah senang refleksi diri, memiliki rasa percaya diri yang kuat, dan mampu mengatasi stres dengan baik.

8. Kecerdasan Alami

Kecerdasan alami adalah kemampuan seseorang dalam memahami dan berinteraksi dengan dunia alam. Orang dengan kecerdasan alami yang tinggi cenderung pandai dalam mengamati, mengklasifikasikan, atau meramal fenomena alam. Mereka juga memiliki kepekaan terhadap lingkungan dan makhluk hidup di sekitarnya. Ciri-cirinya antara lain adalah senang dengan aktivitas di alam, pandai mengenali tumbuhan dan hewan, serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

9. Kecerdasan Pedagogis

Kecerdasan pedagogis adalah kemampuan seseorang dalam mengajar dan memfasilitasi proses belajar. Orang dengan kecerdasan pedagogis yang tinggi cenderung pandai dalam menjelaskan konsep, mengembangkan strategi pembelajaran, dan memotivasi murid. Mereka juga memiliki kepekaan terhadap gaya belajar individu dan mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Ciri-cirinya antara lain adalah senang mengajar, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, dan mampu memahami kebutuhan siswa.

Dengan adanya beragam jenis kecerdasan ini, manusia memiliki potensi yang sangat luas untuk berkembang dalam berbagai bidang. Tidak hanya intelektual yang diukur melalui IQ, tetapi juga emosional, sosial, kinestetik, dan lainnya yang dapat menjadi modal penting dalam meraih kesuksesan dalam kehidupan.

Jadi, kecerdasan apa saja yang kamu miliki sekarang?

Kirim pesan
Hubungi Kami :)
Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu? :)